Skip to main content
TERNYATAMUDAH.ID

follow us

Ternyata Mudah Cara Melindungi Smartphone Dari Aplikasi Berbahaya Dengan Google Play Protect


Cara mengatasi android terkena virus - Teknologi semakin canggih, begitu pula dengan virus yang bersifat berbahaya namun tak kasat mata. Di lingkungan Android, virus ini biasanya disisipkan pada aplikasi gratis dengan fitur yang ditawarkan sangat menggiurkan dan memiliki rasa premium.
Tentu semua orang pasti akan tergoda untuk mendownloadnya.
Lantas bagaimana ciri ciri smartphone android terkena virus?

Ciri Ciri Android Terkena Virus:

Smartphone Android Terasa Lambat/Lemot

Tidak semua android lemot/lambat/lag/patah-patah itu karena Android spek kentang, HP Kentang jika digunakan sewajaranya tidak akan mengalami lag atau patah-patah, android lemot/lambat/lag/patah-patah bisa juga karena ada virus yang sedang berjalan di android yang kemudian membuat memori ram termakan oleh virus itu sendiri bukan aplikasi yang secara sadar kamu jalankan.

Kecepatan Internet Menurun

Terkadang pengguna smartphone itu sangat jeli jika tiba-tiba kecepatan internet menurun. Walaupun hanya beberapa detik saja, kebanyakan orang akan langsung sadar. Namun hal ini termasu wajar karena biasanya kecepatan internet setelah itu akan normal seperti sedia kala. Namun yang membuat khawatir adalah Kecepetan Internet Tiba-Tiba Lemot dan Sangat Lambat, kamu harus waspada bisa juga itu karena virus yang ada pada android kamu yang mengonsumsi data seluler kamus secara diam-diam. Solusinya install aplikasi Pembersih atau Antivirus yang terpercaya.

Smartphone Android Cepat Panas Dan Baterai Menjadi Boros

Nah, ini adalah hal yang paling dibenci bagi kebanyakan orang. Karena Baterai baru saja di charge full, setelah dipakai hanya beberapa menit saja persentase baterai sudah 40% kebawah, dan tak cuma itu Android menjadi cepat panas. Ini juga dikarenakan penggunaan ram yang tidak wajar dan mengoperasikan android sambil mengisi daya.

Penyimpanan Tiba Tiba Penuh

Ini juga tak kalah untuk bikin kesal, karena tak menginstall banyak aplikasi tiba-tiba ada notif Storage Full, setelah dicek dan diteliti padahal hanya itu-itu saja file nya. Ini dikarenakan ada aplikasi berbahaya atau sebut saja aplikasi virus yang secara diam-diam mendownload aplikasi atau file ketika data selular diaktifkan, biasanya saat proses mendownload ini tidak akan tampil notifikasi hanya saja ponsel tiba-tiba terasa berat dan lemot.

Force Close / Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti

Kamu merasa aneh gak sih ketika tidak ada hujan tidak ada badai tiba-tiba ada salah satu aplikasi yang tiba-tiba berhenti dengan notif pop up "Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti".
Ketika ditekan "ok", pop up terus muncul. Dan tak jarang hal seperti ini banyak membuat orang naik pitam alias emosi.
Moonton bercanda?
Tidak ini tidak ada hubungannya dengan mobile legends.
Dan yang bikin gregetan lagi adalah virus ini menyerang aplikasi sistem yang normalnya tidak bisa dihapus.

Data File Tiba Tiba Terhapus / Hilang

Terkadang jika kamu asal-asalan mendownload aplikasi antivirus/pembersih tanpa melihat apakah aplikasi ini aman atau tidak. Resiko yang akan kamu tanggung adalah saat kamu membersihkan file sampah menggunakan aplikasi antivirus abal-abal ini, data yang bukan sampah juga ikut terhapus termasuk data  penting kamu.
Memang terkadang aplikasi antivirus/pembersih sampah tidak berfungsi sebagai semestinya.

Android Tiba Tiba Bootloop / SoftBrick

Poin ini sama dengan masalah Aplikasi Tiba-Tiba Berhenti, namun yang ini lebih parah. Sehingga ketika Android dinyalakan hanya muncul Logo (Boot) secara terulang-ulang. Sesuai namanya Logo Android misalnya Samsung akan muncul terus menerus karena andrid tidak bisa masuk ke sistem secara normal karena banyak aplikasi yang error.

HardBrick / Mati Total

Ini lebih parah dari Bootloop, singkatnya android tiba-tiba mati dan keika dinyalakan tidak mau nyala, atau lebih singkatnya lagi Android Matot (Mati Total).

Nah, diatas sudah saya jelaskan panjang lebar mengenai ciri-ciri dan dampak android terkena virus.
Lalu bagaimana cara mengatisipasinya?

Caranya mengatisipasinya ternyata mudah, hanya menggunakan fitur bawaan Google Play Store, yaitu Google Play Protect.

Apa itu Google Play Protect?

Google Play Protect adalah fitur baru dari Google Play Store yang berfungsi untuk mememriksa aplikasi dan android kamu untuk mencari kemungkinan ada virus berbahaya yang ada di ponsel kamu. Jika Googel Play Protect ini mendeteksi adanya virus atau aplikasi yang berbahaya maka kamu akan diberitahu di notifikasi.

Cara kerja Google Play Protect

Google Play Protect ini memeriksa aplikasi saat kamu menginstall aplikasi hanya melalui Google Play Store. Jika ada aplikasi berbahaya kamu akan diberi peringatan dan Google Play Protect juga bisa menghapus aplikasi berbahaya secara otomatis.


Cara mengaktifkan Google Play Protect

Step 1. Buka Google Playstore di android kamu.
Step 2. Pilih Menu lalu pilih Play Protect.
Step 3. Tekan Pengaturan lalu centang semua jika belum tercentang.

Nah, begitulah artikel mengenai Cara Melindungi Smartphone Dari Aplikasi Berbahaya Dengan Google Play Protect. Sayangi Smartphonemu sebelum terkena virus berbahaya.
Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat silahkan share ke teman-temanmu melalui kotak share diatas.
Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar